SPOT MANCING DIPURWOREJO

Anda pengemar joran? punya hobby mancing atau mancing mania, berikut rangkuman spot macing di Purworejo yang sering dikunjungi para mancing mania baik lokal maupun daerah.

Muara Rowo

Tempat mancing ini sering dikunjungi oleh para pemancing, bahkan pernah diulas di Kompas.com. muara sungai Rowo. Sungai Rowo merupakan perbatasan antara Kab. Purwoerjo dan Kab. Kebumen di bagian selatan. Disebelah baratnya masuk wilayah Kab. Kebumen, sedangkan disebelah timur masuk wilayah kab. Purworejo, bagi anda pengemar pancing spot ini patut dicoba.

Jembatan Bendungan Boro

Jembatan di bendungan boro ini membelah sungai Bogowonto dan menghubungkan antara desa pangenrejo  disebelah barat dan desa kedungsari  disebelah timur. Di musim kemarau ketika airnya bening,  merupakan saatnya memancing ikan putihan,  yaitu ikan bersisik berwarna putih seperti ikan melem, nilem, bader, wader dan lain-lain. Memancing di sini biasa memakai umpan lumut atau umpan racikan, dengan memakai teknik kembangan maupun dasaran.

Pantai Jati Kontal


Sebenarnya pantai ini terletak sebelah barat dengan congot,  yang merupakan muara sungai bogowonto, kalau mnyusuri pantai ke barat lagi ketemu dengan pantai jati malang, banyak yang dari luar kota purworejo sengaja datang kesini, dengan target ikan carru atau giant trevely, mengunakan joran khas pemancing pasiran dengan umpan udang dan undur-undur. semoga artikel dengan judul, Mancing di Purworejo, Mancingmania, bermanfaat.

Kali Wawar


Spot Kali Wawar sebenarnya adalah sebuah muara sungai yang terletak di kelurahan Kertojayan, Kecamatan Grabag. Di ujungnya berdebur ombak besar khas pantai selatan, tepatnya di pantai Kertojayan. Seperti layaknya sifat muara – Kali Wawar menghasilkan zat-zat organik yang dibawa aliran sungai di hulu. Selain itu, akibat cahaya matahari yang relatif tembus hingga bawah, di dasarnya ditumbuhi aneka tanaman air yang subur,  maka spot ini menjadi tempat favorit ikan untuk bertelur dan mencari makan.
Di hilir batang air ini banyak terdapat bebatuan yang menjorok ke tengah, hingga ikan-ikan jenis mangrove jack, baramundi, tarpon, dan kapuran, menjadikannya sebagai tempat singgah. Tingkat salinitas yang tinggi saat pasang, menyebabkan  ikat laut berukuran besar juga kerap menyambagi perairan tersebut. Karena itu  ukurannya pun jadi bervariasi. Mulai dari ikan seberat 1 kg, hingga 20 kg lebih, acap landed di spot berair tenang tersebut.
Untuk menuju Kali Wawar, kita dapat memulainya dari kota Purworejo. Dengan menggunakan kendaraan umum menuju terminal Ketawang, lalu disambung ojek motor lewat jalur Deandels – seharga Rp. 25.000, kita sudah sampai di lokasi.

Muara Kali Jali



Spot mancing ini berada di muara kali jali, tepatnya di daerah Pasir Puncu, muara ini merupakan pertemuan antara kali jali dengan pantai Ketawang, banyak pemancing yang mencoba peruntungannya di lokasi ini. Bagi anda yang tertarik silahkan bisa mencoba memancing di spot ini.

Kali Kedunggupit Pituruh




Bagi anda yang sukan mancing ikan sidat, bisa ke kali kedunggupit yang berlokasi di wilayah Kecamatan Pituruh, dari kutoarjo ke arah utara melewati kemiri.

Bendungan Selis Kutoarjo


Para pemancing sering datang ke lokasi ini, banyak ikan wader atau lele dan terkadang sidat. Tempatnya mudah dijangkau karena berada dipinggir kota Kutoarjo.

Kali Kodil


Jembatan dan sungai Kodil terletak di dusun Bendosari, rt 01, rw 06, desa Mudalrejo, kecamatan Loano, kabupaten Purworejo. Jembatan Kali Kodil menjadi salah satu ikon dusun Bendosari selain industri rumahan berupa pembuatan bulu mata dan anyaman besek. Jembatan tersebut juga sering dijadikan penanda oleh para pendatang yang hendak pergi ke Banyuasin, Samigaluh, atau Kulonprogo sekedar untuk menikmati keindahan alamnya yang masih asri. 

Muara Bogowonto


Bagi yang suka mancing ikan muara seperti belanak, mangar, kapuran, cobalah spot di sepanjang muara sungai bogowonto, perbatasan wates-purworejo ini. spotnya luas memanjang ada bagian jembatan juga, ada bagian tepian sungai juga.

Pantai Kertojayan


Pantai ini terletak di wilayah Kecamatan Grabag Purworejo, merupakan perbatasan dengan kecamatan Ngombol Kabupaten Kebumen, banyak para mancing mania yang mencoba peruntungannya di sini untuk memancing ikan muara, seperti belanak mangar dan sebagainya.

Pasir Puncu Ketawang


Pasir puncu tempat mancing oleh orang-orang sekitar  bahkan ada yang dari daerah lain. tempat ini merupakan muara kali rembung, kali kedung macasan dan kali pedegolan. ketiga kali itu menyatu menjadi satu kemudian oleh masyarakat dikenal dengan kali jali. tempat ini juga menciptakan pesona yang cukup langka, suasana lebih indah ketika gelombang air laut yang menggulung menyambut kedatangan air sungai perpaduan warna air sungai yang berwarna keruh dengan air laut yang berwarna biru. menghasilkan pemandangan yang indah. selain itu kita juga bisa bisa menikmati wisata air dengan perahu tempel di muara sungai jali. dipasir puncu ini kita bisa meyaksikan denga leluasa terbenamnya matahari di ufuk barat. pantai pasir puncu ini kalu ramai biasanya pas hari libur atau hari lebaran kebanyakan orang-orang perantauan dari kota untuk menikmati panorama pantai laut selatan.

Comments

Popular posts from this blog

Sawunggalih, Awal Berdirinya Kota Kutoarjo

Sejarah Desa Semawung Daleman