Situs Candi Baru, lebih besar dari Borobudur ditemukan di Purworejo



Akibat bencana longsor yang terjadi beberapa bulan yang lalu yang menimpa  Dusun Makamdowo, Desa Sidomulyo, Kecamatan/Kabupaten Purworejo, Muncul fenomena susunan batu andesit yang diperkirakan sebuah candi. Konon candi tersebut disinyalir lebih besar dari Candi Borobudur dan lebih tua usiannya.


Kepala Desa Sidomulyo, Marwoto mengatakan pihaknya tidak bisa memastikan jika lokasi itu dulunya ada bangunan candi. Hanya saja melihat bebatuan yang ada memang mendekati batu-batu yang sering digunakan untuk candi.

"Batunya berbeda dengan batu kali biasa. Bentuknya juga mendekati simetris dan tidak sekedar bulat atau lonjong," kata Marwoto, Minggu (14/8/2016).

Menurut Marwoto, lokasi susunan batu itu dulunya tidak terlalu tampak karena tertutup rumput dan tanaman. Baru setelah terjadi longsor, bukit itu mengalami longsor dan beberapa bagian mengelupas sehingga terlihat susunan batunya.

Dari temuan itu, Marwoto berharap ada penelitian lebih lanjut mengenai kepastian apakah candi atau bukan. "Perlu penelitian lebih jauh. Selama ini warga mengenal di lokasi itu memang terkesan wingit," katanya.

Comments

Popular posts from this blog

SPOT MANCING DIPURWOREJO

Sawunggalih, Awal Berdirinya Kota Kutoarjo

Sejarah Desa Semawung Daleman