Chef Ragil dari Purworejo

Kecintaannya akan makanan sejak kecil membuatnya bermimpi menjadi seorang chef. Hal tersebut ia buktikan, mulai dari memenangkan penghargaan di bidang kuliner, menjadi chef hotel berbintang, hingga kini menjadi pemilik beberapa restoran. Lalu apa yang membuatnya ingin berkiprah dalam kuliner Indonesia?

Chef yang bernama lengkap Ragil Imam Wibowo atau yang akrab disapa chef Ragil ini berbadan tambun namun ramah dan jenaka. Ia pun menyapa hangat kedatangan detikfood di salah satu restoran tempatnya bekerja yaitu Segarra yang berada di Pantai Carnival, Ancol.

Sambil memangku putrid kecilnya ia pun menuturkan awal mula ketertarikannya menjadi seorang chef. "Intinya saya sejak kecil suka makan, terlalu suka malah sehingga keluarga menyetop kebiasaan makan saya yang banyak tersebut. Caranya dengan mengunci semua lemari makan. Yang bisa dibuka hanya kulkas. Nah, dari situlah saya mulai belajar coba-coba memasak sendiri saat itu umur saya 5 tahun. Mulai dari mi instant, gadon dimodifikasi dengan mi atau keju dan lain-lain. Akhirnya dunia masak-memasak ini tanpa sadar mulai saya cintai," ujarnya dengan logat Jawa yang kental sambil tersenyum mengenang masa lalu.

Pria kelahiran 14 July 1972 ini meskipun anak bontot dan lelaki satu-satunya dari lima bersaudara mengaku tak pernah dimanja. "Sebenarnya cita-cita saya sewaktu kecil selain menjadi chef ya karena hobi makan tadi, saya juga ingin berkarir di bidang astrologi atau menjadi pembalap F1. Namun saat kedua impian tersebut buyar, akhirnya saya memutuskan untuk menjadi seorang chef," ujarnya terkekeh saat ditanya soal cita-citanya saat kecil.

Untuk mendukung cita-citanya, ia pun bersaing dengan ribuan orang lainnya untuk masuk ke National Hotel Institute (NHI) atau yang kini lebih dikenal dengan nama STIP Bandung. Ia pun lulus pada tahun 1993 di bidang Food Production. Karirnya dimulai menjadi seorang comis chef di California Café, Hotel Millennium yang dulu dikenal sebagai Equatorial Hotel dan mengikuti trainning selama 6 bulan lamanya di Swensen Restaurant, Singapura.

Karirnya benar-benar dimulai pada tahun 1995, saat ia mulai bekerja di Grand Hyatt Hotel Jakarta selama kurang lebih 8 tahun lamanya. Berkat kerja keras dan keuletannya, karir yang diawalinya mulai dari seorang comis chef pun merangkak naik menjadi demi chef, chef the partie, sous chef, hingga tahun 2001 ia dipercaya menjadi chef the cuisine di C's Steak and Seafood, Grand Hyatt Hotel Jakarta.

Kini berbekal pengalaman menjadi chef di hotel berbintang dan memenangkan berbagai penghargaan dibidang kuliner, chef asal Purworejo ini telah memiliki beberapa restoran yang tersebar di Jakarta dan Yogyakarta. Sebut saja Mahimahi, Warung Pasta, Asahi, dan Dixie easy dining. Selain itu kini ia juga bekerja sebagai chef di Segarra Beach Club, yang merupakan sebuah resto yang terletak di tepi Pantai Ancol.
(Odi/dev)

Sumber: http://food.detik.com/read/2008/09/03/110334/999439/549/chef-ragil-ingin-menggali-potensi-kuliner-indonesia

Comments

Popular posts from this blog

SPOT MANCING DIPURWOREJO

Sawunggalih, Awal Berdirinya Kota Kutoarjo

Sejarah Desa Semawung Daleman