Pasir Puncu Tempat Mancing di Purworejo

Menikmati wisata bahari yaitu pantai  memiliki pesona yang berbeda dengan wisata lainnya. Pantai pasir puncu  salah satunya memiliki panorama pantai laut selatan yang menarik dan menawan. pantai ini berjarak + 2o km dari kota purworejo. kalu dari Kutoarjo + 11 km pantai ini berada di daerah Harjobinangun. menurut cerita orang jaman  dulu pantai pasir puncu ini mau di bangun sebuah pelabuhan oleh belanda karena ombak pantai yang sangat besar akhirnya tidak jadi. dan sampi sekarang pondasi dari bangunan itu masih ada.  namun kondisinya sudah terkikis oleh air laut, dan sudah berantakan.

Pasir puncu ini juga sebagai tempat mancing oleh orang-orang sekitar  bahkan ada yang dari daerah lain. tempat ini merupakan muara kali rembung, kali kedung macasan dan kali pedegolan. ketiga kali itu menyatu menjadi satu kemudian oleh masyarakat dikenal dengan kali jali. tempat ini juga menciptakan pesona yang cukup langka, suasana lebih indah ketika gelombang air laut yang menggulung menyambut kedatangan air sungai perpaduan warna air sungai yang berwarna keruh dengan air laut yang berwarna biru. menghasilkan pemandangan yang indah. selain itu kita juga bisa bisa menikmati wisata air dengan perahu tempel di muara sungai jali. dipasir puncu ini kita bisa meyaksikan denga leluasa terbenamnya matahari di ufuk barat. pantai pasir puncu ini kalu ramai biasanya pas hari libur atau hari lebaran kebanyakan orang-orang perantauan dari kota untuk menikmati panorama pantai laut selatan.
untuk mencapai tempat kita bisa naik angkutan minibus Kutoarjo – Ketawang  dan turun di terminal ketawang. untuk mencapai tempat tujuan ke pasir puncu ini kalau waktu hari-hari biasa agak sulit kalau tidak membawa kendaraan sendiri. tapi kalau pas waktu lebaran ada angkutan umum yang sampai laut nya tepatnya dari daerah ketawang tetapi masih berjalan kaki  di padang pasir  untuk menuju pasir puncu itu.

Comments

Popular posts from this blog

SPOT MANCING DIPURWOREJO

Sawunggalih, Awal Berdirinya Kota Kutoarjo

Sejarah Desa Semawung Daleman