Search This Blog

Loading...

Thursday, December 20, 2012

Sejarah Roti Bagelen

Berikut ini adalah sedikit catatan tentang sejarah dari Roti Bagelen yang saya ambil dari sebuah sumber di internet :

Dari manakah asal roti bagelen ini? OK, dugaan pertama adalah dia datang dari Bagelen! Bagelen adalah nama sebuah daerah (kayaknya udah ga pas disebut 'desa') yang sudah tercatat dalam sejarah kerajaan Mataram kuno. Letaknya berada dalam lingkaran Purworejo, Jawa Tengah. Teori ini sayangnya tidak didukung oleh fakta bahwa ada merk bagelen kondang yang dihasilkan oleh kota Bagelen.

Catatan otentik justru menunjukkan bahwa roti bagelen paling terkenal dari distrik tersebut datang dari sebuah toko roti bernama "BAGELEN" yang beroperasi di Kutoarjo. Menurut bungkusnya (dan menurut liputan TV), toko ini sudah menghasilkan bagelen yang termasyhur sejak 1906. Mengingat tulisan di bungkusnya yang bertitel "Begelen Biscuit" dan gambar nyonyah berbusana western lengkap dengan apron, bisa dipastikan bahwa makanan ini punya pengaruh eropa yang cukup kuat. 

Ini jelas lebih tua daripada bagelen yang dihasilkan oleh produsen lain asal Jawa Barat, alm. Ateng Adiwidjaja, pembuat bagelen dengan merk "ABADI". Menurut website resminya, bagelen ABADI sampai ke publik pertama kali tahun 1947, dari pabriknya di kota Garut, Jawa Barat. Baru tahun 1967, Abadi memindahkan operasinya ke Bandung dan membuka tokonya tahun 1969 di jalan Purnawarman, Bandung sampai sekarang. 

Dari sini semakin jelas bahwa tampaknya bagelen adalah produk yang pertama kali dipopulerkan oleh toko roti "Bagelen" di Kutoarjo, dekat Bagelen. Betul? Nanti dulu..Jauh sebelum alm. Ateng Adiwidjaja, bahkan jauh sebelum toko roti Bagelen di Kutoarjo membuka pintunya, di kota Garut telah beroperasi sebuah pabrik roti bagelen! Hanya 55 tahun setelah Perang Jawa (a.k.a Perang Diponegoro) usai, persisnya di tahun 1885, pabrik/ toko roti Kho Pek Goan sudah menjual roti 
bagelen. Bungkusnya tampil lebih "klasik" daripada bagelen asal Kutoarjo. Gambar neng geulis berkonde tersenyum terpampang di situ. Apakah toko roti Kho Pek Goan adalah pabrik tertua di Indonesia yang menghasilkan bagelen? masih belum pasti, tapi yang jelas catatan tahun pada 
bungkus produk ini telak-telak mematahkan "pseudo-history" yang menyatakan bahwa roti bagelen berasal dari Bagelen di Jawa Tengah. 

Sejarah roti bagelen mungkin bisa dirunut ke sebuah produk bernama belanda 'warmbollen' atau yang dikenal sebagai 'bagelen basah', yang kemudian "dikeringkan" dengan cara dipanggang kembali untuk mencegah jamuran. Ini tentu belum menjawab pertanyaan awal, siapa yang pertama kali membuat, menjual dan mempopulerkannya.

Penulis : Irvan Kartawiria - Serpong (milis Jalan Sutra)

No comments:

Post a Comment