Purworejo Expo 2012

Pembukaan Purworejo Expo yang sedianya akan dibuka Menteri Koperasi dan UKM, akhirnya dibuka Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo, di depan Pendopo Kabupaten Purworejo , Rabu (7/11). Pembukaan expo yang sekaligus dirangkai dengan peluncuran branding Purworejo, merupakan rangkaian memperingati Hari jadi Kabupaten Purworejo ke 1111. Selain Gubernur dan Ny Bibit Waluyo, acara juga  dihadiri Deputi Kementrian Koperasi dan UKM RI  Neddy Rafinaldy Halim, Penasehat Koperasi dan UKM Pusat Erman Suparno, serta lima kabupaten sekitar yakni kebumen, Wonosobo, Magelang, Temanggung, Kulonprogo.
 Dalam kesempatan itu Gubernur Jawa Tengah mengatakan bahwa dengan kegiatan seperti ini, diharapkan dapat terus menggali potensi ekonomi yang ada. Terutama potensi lokal yang melibatkan Koperasi, UKM dan pameran hasil-hasil pembangunan daerah, yang muaranya untuk kesejahteraan masyarakat.

Diungkapkan bahwa pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah pada Triwulan III tahun ini mencapai 6,50 persen, masih di atas pertumbuihan ekonomi nasional yang mencapai 6,14 persen. “Pertumbuhan ekonomi yang tinggi ini, antara lain ditopang dari sektor UMKM yang sampai saat ini telah menyerap kredit usaha rakyat (KUR) mencapai Rp.10,433 trilyun, yang dipergunakan untuk biaya usaha 1.487.119 usaha mikro kecil,” ungkapnya.
Menurutnya, potensi-potensi unggulan yang ada agar didukung pengelolaan dan pemasaran nya oleh koperasi yang tangguh, agar pertumbuhan ekonomi kerakyatan semakin maju dengan pesat, dan itu berarti kesejahteraan akan semakin meningkat. “Jadi menjaga kuantitas, kualitas dan kontinuitas produk itu sangat penting,” ujarnya.
Disamping itu Koperasi harus bisa menjadi Bapak Angkat, memberikan advokasi dan fasilitas dalam permodalan, pengembangan kualitas produk, serta kemudahan akses pasar atas produk-produk unggulan yang dihasilkan UMKM serta kegiatan usaha produktif lainnya.
Kepada Bupati dan stakeholders, Gubernur mengingatkan kegiatan expo ini jangan hanya seremonial. Akan tetapi dapat menunjukkan karya untuk terus kreatif dan inovatif menghasilkan karya-karya unggulan yang berkualitas dan memiliki daya saing tinggi, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

Comments

Popular posts from this blog

SPOT MANCING DIPURWOREJO

Sawunggalih, Awal Berdirinya Kota Kutoarjo

Sejarah Desa Semawung Daleman