Perencana Perampokan Toko Emas Dibekuk

SEMARANG, KOMPAS.com - Tim Reskrim Polres Purworejo dan Polda Jateng berhasil menangkap salah seorang perampok yang beraksi di tiga toko emas di Pasar Grabag, Purworejo.
Satu pelaku yang tertangkap yakni Sutirto alias Yudi alias Petir (33) warga Banyuurip, Purworejo yang diduga bertindak sebagai "pembuat gambar" atau perencana dalam aksi perampokan tersebut.
Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Jateng, Kombes Bambang Rudi Pratiknyo mengatakan, tersangka ditangkap di sebuah rumah di depan kompleks IPDN di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat pada Sabtu (13/10/2012) malam.

Pelaku yang tertangkap juga diduga terlibat dalam perampokan toko emas di Kebumen pada 7 Maret 2012. "Kami masih menyelidiki perannya, hasil sementara diketahui perannya cukup penting yakni sebagai penunjuk dan perencana," katanya, Senin (15/10/2012).
Sejumlah barang bukti yang berhasil disita yakni denah dan sketsa lokasi toko emas. Bukti tersebut yang mengindikasikan pelaku sebagai "tukang gambar" pada aksi perampokan. Selain itu diamankan pula sejumlah handphone yang diduga milik korban perampokan serta sebuah sepeda motor.
Berdasarkan pengakuannya, pelaku juga melakukan perampokan di wilayah Kebumen. Namun para pelaku di dua wilayah tersebut berbeda. Pihak kepolisian masih meminta keterangan Sutirto untuk mengetahui siapa saja pelaku lain dalam kelompok perampok tersebut.
Perampokan di tiga toko emas di Purworejo itu diketahui dilakukan oleh 6 pelaku yang mengenakan helm. Aksi dilakukan pada Rabu (3/10/2012) sekitar pukul 10.00 WIB dan pelaku sempat menembakkan senjata api sebanyak enam kali, namun tidak melukai.
Salah satu pelaku diduga merupakan pecatan polisi. "Pistol yang digunakan untuk melakukan aksi perampokan serta emas juga belum kami dapatkan, kami terus melakukan penyelidikan," katanya.
Editor :
Farid Assifa

Comments

Popular posts from this blog

SPOT MANCING DIPURWOREJO

Sawunggalih, Awal Berdirinya Kota Kutoarjo

Sejarah Desa Semawung Daleman