Tips Mudik menghindari Calo Tiket

Dua bulan lagi kita akan merayakan Hari Raya Umat Muslim, Idul Fitri atau yang sering kita sebut dengan istilah Lebaran. Dalam tradisi masyarakat Indonesia Idul Fitri identik dengan berkumpul bersama keluarga, merayakan lebaran bersama keluarga besar. Tentu saja bagi masyarakat yang merantau di kota mereka akan mempersiapkan acara mudik, agar bisa merayakan Idul Fitri bersama keluarga mereka di kampung halaman. Persiapan acara mudik tak lepas dari transportasi apa yang akan mereka pakai, sebagian masyarakat mudik menggunakan kendaraan pribadi, mobil, motor dan kendaraan darat lainnya, sebagiannya lagi menggunakan transportasi umum, baik melalui darat, laut maupun udara. Mudik merupakan suatu tradisi tak lengkap rasanya apabila merayakan hari lebaran tanpa mudik.
Lebaran, Mudik dan calo adalah suatu rangkaian yang selama ini tak pernah terselesaikan, Dari tahun ke tahun masalah yang dialami oleh pemudik adalah rendahnya kapasitas angkutan umum yang bisa digunakan oleh para pemudik. Masalah tersebutlah yang akhirnya memicu bermunculan para calo-calo tiket, baik itu tiket KA, Kapal laut, Bus, maupun Pesawat Terbang.
Kemunculan para calo-calo tersebut dimungkinkan karena terbatasnya jumlah armada angkutan transportasi umum yang tidak mampu menampung lonjakan para pemudik yang setiap tahunnya selalu bertambah. Di satu sisi peran para calo memudahkan para penumpang yang ingin berpergian, disisi lainnya para calo sangat merugikan para penumpang, karena menjual tiket dengan harga yang sangat tinggi.
Untuk itu sebelum kita berpergian atau mudik sebaiknya memperhatikan tip-tips berikut ini:

  1. Rencanakan Jadwal Mudik dengan matang, menyangkut waktu berangkat dan pulang.
  2. Carilah informasi sebanyak mungkin mengenai transportasi yang akan anda gunakan, baik itu melalui teman, petugas langsung, melalui informasi media baik cetak ataupun elektrtonik, dan juga media internet.
  3. Carilah informasi mengenai tiket transportasi yang akan anda gunakan.
  4. Pesanlah tiket jauh hari sebelum tanggal keberangkatan anda.
  5. Hindari pembelian tiket melalui calo karena itu akan merugikan anda.
  6. Apabila anda mengetahui keberadaan calo tiket, segera laporkan ke petugas.
  7. Semoga Selamat sampai tujuan

Comments

Popular posts from this blog

SPOT MANCING DIPURWOREJO

Sawunggalih, Awal Berdirinya Kota Kutoarjo

Sejarah Desa Semawung Daleman