Kawasan Gunung Tugel Diproyeksikan Jadi Tempat Wisata

Kutoarjo, CyberNews. Pemerintah kelurahan Kutoarjo memproyeksikan, kawasan Gunung Tugel bisa dikembangkan dan menjadi salah satu obyek wisata di wilayah Kecamatan Kutoarjo, Purworejo. Meski tidak mudah merealisasikan keiinginan itu, tapi masyarakat sangat mendukungnya.Selama ini, kawasan Gunung Tugel memiliki citra kurang baik di mata masyarakat. Hal itu tidak lepas dari adanya sejumlah penjual seks komersial (PSK) yang kerap terjaring razia petugas di wilayah itu.
Kepala Kelurahan Kutoarjo Sumaji SSos Senin (4/1)  mengungkapkan, upaya pertama untuk mengembangkan kawasan Gunung Tugel, khususnya di komplek makam adalah dengan memperbaiki akses jalan. Dikatakan, masyarakat sangat antusias kalau makam Gunung Tugel dibangun. Bahkan sebenarnya rencana awal baru sosialisasi, namun secara spontan warga langsung mendukung dan mengumpulkan swadaya.
Diungkapkan, luas makam mencapai 20.000 meter persegi, dengan  jalan sepanjang 750 meter dan lebar 2,5 meter. Selama ini kondisi akses jalannya sangat susah, kalau hujan karena licin. Kalau ada upacara pemakaman, mobil pembawa jenazah tidak bisa sampai atas dan harus berhenti di bawah.
Disamping sebagai area makam, makam Gunung Tugel juga merupakan jalan pintas bagi warga Girirejo menuju Desa Soko dan Kaligesing. Namun untuk membangun akses jalan sangat mahal,  karena daerah tersebut tidak ada air.
( Nur Kholiq / CN14 )

Comments

Popular posts from this blog

SPOT MANCING DIPURWOREJO

Sawunggalih, Awal Berdirinya Kota Kutoarjo

Sejarah Desa Semawung Daleman