Curug Siklotok Purworejo

Kompasiana.com. Bagi para bolang-bolang dimanapun anda berada pasti sangat menyukai berpetualang ke daerah yang terdapat air terjunnya. yaitu air terjun 3 tingkat di KAbupaten Purworejo curug Silangit.
Curug pertama atau yang paling atas sendiri adalah curug yang paling tinggi sekitar 30 meter,yaitu curug silangit. Curug kedua sekitar 10 meter atau setinggi pohon kelapa, curug ini tidak diberi nama. Dan yang paling bawah juga sekitar 10 meteran. Setiap curug dibawahnya terdapat kedung/kolam yang sering dijadikan tempat mandi bagi para pengunjung. Tiap-tiap kedung itu rata-rata memiliki kedalaman lebih dari 5 meter, namanya curug siklotok
Rutenya kalau dari alun alun Kota Purworejo arah pantog (Patung WR Supratman) lurus ke arah Tambakrejo, belok kanan arah Cangkrep Lor , trus Cangkrep Kidul, sampai perempatan setelah balai desa Kemanukan belok kiri. Ikuti saja jalan itu. Karena Cuma ada satu jalan itu saja.
Kalau naik angkot bisa dicapai dengan angkot primkopol nomer 11 yang ada di belakang Pasar Baledono.  Turun di balaidesa Somongari. Mobil atau motor bisa diparkir dibalai desa Somongari kaligesing atau di titipkan dirumah penduduk sekitar saja.
Untuk mencapai lokasi bisa detempuh dengan motor atau bisa juga dengan jalan kaki. Jalan kaki bagi yang santai sekitar 30 – 60 menit ini pengalaman kami, karena badan kami masih lelah setelah melakukan perjalanan Tangerang Purworejo. Kalau mau lebih mudah nyari ojek aja penduduk sekitar. Jangan takut nyasar. Penduduk setempat orangnya ramah ramah, bisa tanya penduduk aja arah curug.
tempat tersebut masih alami, pengunjung belum terlalu banyak, jadi suasananya masih sangat damai. Seimbang dengan keindahannya, perjalanan mendaki ke 3 curug tersebut juga cukup melelahkan. Jadi untuk yang baru pertama kali disarankan membawa air minum dan bekal yang cukup, memmakai pakaian dan peralatan yang ringan-ringan saja dan hati-hati karena jalanan ada yang licin terutama diwaktu hujan. Selamat berkunjung….!

Comments

Popular posts from this blog

SPOT MANCING DIPURWOREJO

Sawunggalih, Awal Berdirinya Kota Kutoarjo

Sejarah Desa Semawung Daleman