Search This Blog

Loading...

Friday, June 19, 2009

Welcome to kutoarjo-Purworejo

Kutoarjo adalah sebuah kota kecamatan di Kabupaten Purworejo, dulunya Kutoarjo adalah sebuah Kabupaten tersendiri yang berbentuk kawedanan, namun sejak tahun 1934 Kutoarjo dimasukkan dalam wilayah kabupaten Purworejo. Jejak peninggalan masih dapat dilihat di Kawedanan Kutoarjo berupa gedung kawedanan di sebelah utara alun-alun Kutoarjo. Kutoarjo memiliki luas wilayah sekitar 38 km2 dan terbagi menjadi 27 Kecamatan.
Kalau anda singgah ke kota ini transportasi yang paling mudah adalah dengan menggunakan jasa kereta api, Stasiun KA Kutoarjo merupakan stasiun Kereta yang cukup besar di Jawa tengah. Sebagian besar masyarakat Kutoarjo, Purworejo atau daerah kedu sekitarnya (Magelang, Wonosobo, Kebumen) banyak yang menggunakan fasilitas jasa Kereta Api di stasiun ini untuk bepergian ke luar daerah. Akses KA paling banyak digunakan oleh masyarakat di Kutoarjo.

Kalau bisa dibilang Kutoarjo hanya merupakan kota transit, karena berada pada jalur lintas Pantai Selatan Pulau Jawa. Karena adanya stasiun Kereta Api mungkin itu menjadi suatu kebangga tersendiri bagi Kota tersebut. Kutoarjo merupakan akses paling mudah apabila anda ingin melakukan perjalanan wisata, karena kota tersebut menghubungkan kota-kota tujuan wisata dengan obyek wisata yang menarik. Kalau anda ingin berwisata ke Borobudur, mungin hanya butuh waktu satu jam dari sana, kemudian Yogyakarta perjalanan bisa ditempuh dalam waktu 2 jam, di sebelah selatan anda dapat mengunjungi Panta Ketawang kira-kira 12 km dari kutoarjo, Pantai Glagah di Kulonprogo, Pantai Ayah di Kebumen dan Dieng Wonosobo, dan tempat-tempat wisata lainnya di daerah kedu selatan. Anda juga bisa mengunjungi Masjid Agung Purworejo, dimana disana tersimpat Bedug yang Paling Besar di Asia yang dinamakan dengan Kyai Bagelen, ataupun Gua Seplawan di daerah kaligesing serta curung Somangari yang semuanya berada di daerah Purworejo.
Obyek-obyek wisata lain yang mungkin menarik adalah Curug Bruno di kecamatan Bruno sebelah Utara Kota Kutoarjo, Geger Menjangan sebuah perbukitan yang indah di Purworejo. Semua obyek-obyek wisata tersebut dapat ditempuh dengan cepat dan mudah lagi murah dari kota Kutoarjo.
Kutoarjo, Purworejo juga menyediakan berbgai macam makanan khas daerah tersebut bisa anda dapatkan dengan mudah dan murah. Sate Winong, sebuah desa sentra makanan sate khas Purworejo yang terletak di desa Winong, sebelah Utara Kota Kutoarjo, anda bisa menikmati hidangan sate yang lezat dengan hawa pedesaan yang sejuk akan menambah kenikmatan. Di stasiun Purworejo anda bisa menikmati soto pak Rus, yang terkenal di Purworejo sambil menyaksikan gerbong-gerbong KA yang sesekali datang, sungguh suasana yang mungkin jarang anda dapati saat-saat ini. Jangan lupa, bagi anda yang menyukai masakan tradisional untuk singgah ke Warung Kupat Tahu bu Tulus yang ada di dekat pasar Kutoarjo, akan benar-benar memanjakan lidah anda. Bagi anda penggemar Bakso, mampir saja ke Bakso Sedap pak Sukar, di dekat perempatan Kutoarjo atau ke Bakso Siput di Purworejo, anda akan benar-benar menikmati bakso yang lezat dan khas di Kota Ini. Masih banyak masakan-masakan yang bisa anda nikmati di kutoarjo, Gudeg Mataram yang menyediakan masakan gudeg khas jogya yang benar-benar nikmat, bakmi Pak Edy buka sejak sore jam lima sore sampai malem. Kalau anda pingin melihat-lihat kota Kutoarja atau Purworejo di waktu malam, lebih baik anda singgah di alun-alun Kutoarjo atau Purworejo disitu anda bisa dimanjakan dengan berbagai aneka makanan yang anda. Dengan suasana lesehan diterangi lampu-lampu malam Kota. Sungguh sangat indah, bersantap ria di tengah malam disana. Anda bisa memilih berbagai macam makanan sesuai dengan selera anda.
Kalau anda pulang nanti jangan lupa beli oleh-oleh, lanting makanan khas dari Kota ini, berbentuk bulat kecil yang dibuat dari tepung ketela, ada juga lompong makanan dari ketan yang diisi kacang, berwarna hitam dan dibungkus dengan daun pisang kering. Kerupuk Antolawit, geblek, kerupuk gadung, intil, ciwel dan masih banyak lagi makanan khas daerah ini yang bisa anda dapatkan sebagi oleh-oleh apabila anda pulang nanti.

No comments:

Post a Comment